Pohon

Saya senang dengan analogi pohon sebagai sebuah micro system. Pohon terdiri dari akar, batang, rerimbun daun, dan buah yang satu sama lain saling terkait. Pohon juga dipengaruhi oleh macro-system di luarnya, seperti tanah, udara, angin, cahaya matahari, hujan,  dan lainnya.

 

Dalam memfasilitasi kita bisa menggunakan analogi pohon ini untuk memahami cara berfikir orang, “membongkarnya” dan membangun pemahaman baru. Seperti dalam shared learning Tata Ruang yang kami lakukan beberapa waktu lalu. Kegiatan ini selain diikuti oleh pemda dari 8 kabupaten (Jambi, Kalbar, Kaltim dan Papua Barat), juga kawan dari Dephut, LSM maupun lembaga riset.

Kami mengawali sessi dengan meminta peserta untuk menggambarkan pemahaman dan pengalaman mereka tentang Tata Ruang dengan analogi pohon. Ternyata hasilnya bervariasi. Kawan-kawan Dephut kecenderungannya bermain di legalitas (yaitu batang), lembaga riset cenderung bermain di akar melalui penelitian (pemetaan, studi biodiversitas, dll), teman2 pemda bermain di batang dan daun (kebijakan dan implementasinya di lapangan), sedangkan kawan-kawan LSM cenderung untuk bermain di semua areal. Uniknya tak ada yang terlalu memikirkan hasil maupun eksternal system.

Ketika kami sampaikan soal ini, banyak peserta termangu. Mereka menyadari dengan gambaran tersebut, tak mengheran kalau penyusunan tata ruang selama ini  hanya sebagai kebijakan kertas dan tak pernah menjadi acuan di lapangan.

Berangkat dari kesadaran itu lalu kami menyusun agenda belajar bersama tentang tata ruang yang manusiawi, ramah secara ekologi, dapat diimplementasikan dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Selamat mencoba…

One thought on “Pohon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s