“Keajaiban”

kami adalah keajaiban

Mbak Nisa berjilbab, menahan isak ketika bercerita perjalanan hidupnya hingga “terdampar” di Balai Taman Nasional Kutai (TNK). Penuh liku dan ketegangan disana-sini. “Saya tengah menunggu keajaiban dari Tuhan, mengapa saya berada disini.” Demikian ia menutup ceritanya. Semua tercekat, terdiam menahan haru.

 

Tak lama, Mas Sandi bercerita panjang lebar tentang perjalanan hidupnya. “saya sering diejek sebagai anak pasal 34.” Semua peserta terheran-heran, apa maksudnya. “Pasal itu di UUD yang berbunyi kira-kira fakir miskin, dan anak terlantar dipelihara oleh Negara, dan saya sejak kecil hingga kini mengambil S2 di IPB biaya sekolah saya selalu dapat beasisiswa dari Negara.” Sandi melanjutkan dan menutup ceritanya, “karenanya saya selalu percaya bahwa setiap hari adalah keajaiban!” Lagi-lagi semua tercekat, dan mahfum Tuhan telah menjawab pertanyaan Mbak Nisa.

 

Kali berikutnya adalah Mas Ating, pria kurus dengan celana cingkrang dan janggut yang cukup lebat. Ia tak bercerita, tapi membaca puisi yang dibuatnya tentang hidupnya. “Kehidupan selalu memberi keajaiban, dan karenanya saya adalah keajaiban itu!” ahhh Tuhan menjawab lebih dalam lagi…

 

Kami semua terpana, kagum dan mengalami pencerahan tak terkira. Sessi berbagi pengalaman antar staf Taman Nasional Kutai telah membuka cakrawala seluruh peserta team building yang kami fasilitasi 28-31 Juli 2007. Akhirnya kami berikrar, bahwa ”kami adalah keajaiban.” Kami adalah keajaiban bagi TN Kutai yang sedang dirundung masalah berat: konflik enclave yang tak berkesudahan. Kami adalah keajaiban bagi TN Kutai yang sedang mencari jalan baru bagi pengelolaan konservasi di Indonesia. Jalan baru yang mencerahkan semua pihak yang terlibat dengan TN Kutai.

Inilah salah satu kekuatan dari appreciative inquiry yang kami gunakan. Bagaimana setiap peserta saling mengapresiasi pengalaman terindahnya selama menjadi staf TNK. Sebuah keajaiban sedang bergulir disini. Depok, 9/08/07

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s