Kurban 2007

Bulan Desember tahun ini menjadi istimewa buat saya. Pada bulan ini ada dua peristiwa simbolik yang luar biasa: kelahiran Yesus dan Hari Raya Idul Qurban.

Yesus atau Isa Almasih mengajarkan kepada kita bagaimana ajaran kasih sebagai dasar moralitas spiritual (bukan agama), yaitu dengan memberi, termasuk memberikan diri sendiri terhadap kebenaran. Peristiwa simbolik luar biasa adalah ketika Isa membiarkan dirinya disalib oleh para penghujatnya.

Peristiwa Idul Adha, tak kalah penting nilai simboliknya. Peristiwa yang diawali dari akan dikurbankannya Ismail oleh ayahnya, Ibrahim memberi pelajaran yang luarbiasa penting bagi perjalanan ruhani kita. Mengapa anak yang mesti dikurbankan, padahal kita tahu, Ibrahim sudah bertahun-tahun menikah tapi tak kunjung dikaruniai anak. Dan ketika baru punya anak, harus dikurbankan pula? Apakah Tuhan harus menguji seorang nabi seperti itu? Dan jawaban Ibrahim, adalah bukti kepasrahan, penyerahan diri secara total… hingga diberi ganjaran setimpal olehNya. 

Dua peristiwa ini menjadi pengingat bahwa hidup pada hakikatnya adalah penyerahan diri secara total, kepasrahan yang mendalam kepada Sang Hidup. Memberi, memberi dan memberi, tanpa pernah meminta (kecuali hanya kepadaNya). Sebetulnya istilah memberi juga kurang tepat, karena sesungguhnya tak ada yang kita miliki secara abadi. Apa yang akan kita berikan kalau tak ada yang kita miliki?

Karenanya, dalam makna terbatas tadi, memberi sesungguhnya untuk menyadarkan kita bahwa apa yang kita berikan kepada orang lain sesungguhnya bukan punya kita, itu hanya titipan, dan ada banyak orang yang juga punya hak yang sama atas sesuatu yang kita ”miliki.”  Memberi adalah langkah awal dalam berkurban, pun dalam memfasilitasi –bidang yang saya geluti kini-, memfasilitasilah dengan sepenuh hati, total dalam memandu proses, ikhlas dalam saling mengenali multipihak, dan pasrah dengan setiap hasil-hasilnya. Dijamin fasilitasi akan lebih mencerahkan, buat diri sendiri dan pihak-pihak yang kita fasilitasi… ayo berkurban dalam memfasilitasi.

One thought on “Kurban 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s