BANTUAN

Bantuan jang diberikan atas sjarat politik tidak dapat disebut bantuan perkembangan, sebab sifatnja mengikat negeri jang diberi bantuan kepada suatu politik jang tertentu. Bantuan semacam ini dipandang … sebagai langkah pertama untuk melaksanakan neo-kolonialisme, kolonialisme ekonomi …
Bantuan jang diberikan begitu sadja kepada suatu negeri jang kurang madju semata-mata untuk melepaskan negeri itu dari berbagai kesulitan keuangan, bukanlah pula bantuan pembangunan. ini bantuan jang bersifat filantropi, jang tidak mendidik untuk berusaha dan berhemat, … malahan mungkin mempengaruhi Pemerintah negeri jang menerima bantuan djadi pemboros dan tidak bertanggung djawab.
Djuga bantuan jang diberikan dalam djangka pendek atau sedang dengan bunga jang terlalu tinggi bukanlah bantuan pembangunan jang sebenar-benarnja … bebannya berat dan dalam waktu jang singkat sudah harus dipikirkan tjara membajarnja jang mungkin sekali mempengaruhi djalannja pembangunan.
Bantuan jang benar-benar bernama bantuan perkembangan ialah bantuan kredit jang mendorong perkembangan nasional supaja berdjalan dengan lantjar. Pada dasarnja pembangunan ekonomi nasional hendaklah usaha sendiri … berdasar kepada tjita-tjita self-help dan self-reliance … bantuan jang berdasarkan rentjana pembangunan negeri itu sendiri, bukan rentjana jang disorongkan dari luar. (dicuplik dan diedit seperlunya dari “Masalah Bantuan Perkembangan Ekonomi bagi Indonesia,” Muhammad Hatta, September 1967.
Sejatinya ini naskah pidato yang hendak disampaikan Hatta saat Konferensi tg bantuan asing bagi negara kurang maju yang dilaksanakan di Austria, 1962. Namun Hatta tak jadi menghadiri. Tak disebutkan alasan ketakhadirannya dlm forum tsb) #khasanah #bukulawas
Depok, 26 Februari 2017
Keterangan foto tidak tersedia.

Leave a comment